.
Powered by Blogger.

Thursday, November 15, 2012

Mark Zuckerberg, Sejarah Jejaring Sosial Facebook dan Perkembangannya

“mark-zuckerberg-facebook”
Siapa yang gak punya akun facebook? hayo, paling anak baru lahir ya hehe. Jejaring sosial facebook memang sudah mewabah seperti candu bagi setiap manusia. Saat ini jumlah pengguna facebook sudah mencapai angka SATU MILYAR orang didunia. Buset, banyak banget ya. Selain penggunaannya cukup mudah, coz cukup dilakukan dengan smartphone atau Handphone biasa yang sudah dilengkapi internet, sobat sudah bisa berfacebook ria. Gak perlu ke warnet atau buka laptop kan.

Tapi tahukah sobat sejarah jejaring sosial faceook?? Pendiri Facebook adalah Mark Elliot Zuckerberg atau sering kita kenal dengan Mark Zuckerberg. Dia lahir di Dobbs Ferry, Westchester Country, NY, AS pada 14 Mei 1984.

Awalnya di Universitas Harvard, Mark Zuckerberg bersama D'Angelo membuat sebuah program Coursematch sebagai aplikasi membuat daftar siswa sekelas sehingga bisa dilihat oleh teman satu kelas. Mereka pun melanjutkannya dengan membuat proyek bernama Facemash.com yang merupakan situs penyimpan foto para siswa. Pengunjung situs inipun bisa memberikan penilaiannya dengan stempel "jelek" atau "keren" pada foto tersebut. akibatnya Mark Zuckerberg pun dianggap melanggar beberapa peraturan dan dikenai hukuman.

Tahun 2004, Mark Zuckerberg meluncurkan facebook dan hebatnya sebanyak 2/3 mahasiswa Harvard memiliki akun facebook. Facebook pun berkembang melalui Dustin Moskovitz dan Chris Hugh yang merupakan teman sekamarnya. Facebook mulai banyak digunakan di Stanford University, Yale, Columbia, Ivy College serta sekolah-sekolah di Boston dan mencapai angka 30 sekolah lebih hanya dalam waktu singkat.

Serius ingin menggarap facebook, Mark Zuckerberg memutuskan keluar dari Harvard. Saat musim panas 2004, dia dengan Moskovitz menyewa rumah kecil yang digunakan untuk kantor di Palo Alto, California. Disinilah mereka bertemu dengan Peter Thiel yang empunya PayPal dan mengucurkan dana sebesar US$500.000. Dengan dana ini dia pindah ke kantor yang lebih besar di Universitas Avenue, kantor ini dinamakan "Kampus Urban".

Tahun 2005, tepatnya tanggal 25 Agustus, Facebook.com mulai dimiliki oleh Mark Zuckerberg. dia membeli domain ini kepada Aboutface Corporation seharga US$200.000 atau Rp.1.86 Miliar. Situs ini dikhususkan bagi anak-anak SMA dan hanya dalam waktu 15 hari saja sudah berhasil menguasai hampir seluruh sekolah di Amerika Serikat. dan akhir 2005, bahkan mencapai Inggris, Australia, New Zeland, Kanada, AS, Meksiko, Irlandia dan Puerto Riko.

Dan di Tahun 2006 facebook.com mulai diperbolehkan bagi Mahasiswa menggunakannya. Saat itu facebook ditawar oleh pembeli seharga US$ 750 juta atau setara Rp.6,97 Triliun. Namun Mark Zuckerberg menolaknya, menurutnya saat itu harga facebook berkisar US$ 2 Miliar.

Bantuan pun mengalir, investor pertama Mark Zuckerberg, Peter Thiel bersama Greylock Partners dan Meritech Capital Partners menyuntik dana sebesar US$ 25 juta. dengan dana ini facebook mulai masuk ke Institut Teknologi India dan Institut Manajemen India. Pendapatan facebook diperkirakan oleh Peter Thiel tahun 2015 nanti akan mencapai angka USD 1 Miliar.

Saat ini facebook seiring perkembangan waktu serta jumlah pengguna sehingga facebook gencar memberikan layanan-layanan yang membuat penggunanya nyaman dan betah. Dengan jejaring sosial facebook tak hanya sebagai ajang silaurahmi dengan teman atau teman baru, disamping itu facebook juga sebagai ajang untuk berbisnis yang menggiurkan.

Oh ya, yang unik dari facebook yang memiliki karyawan ratusan orang, ternyata kerjaan karyawannya sangat santai, mereka mendapat makan gratis, gizi diperhatikan, karyawan bebas bermain dan mengenakan pakaian, bahkan sandal jepit saja tidak masalah. bermain games, tennis, gitar, main pesawat RC, bersepeda dan apa saja diperbolehkan. Yang penting, mereka bisa berinovasi mengembangkan facebook. wehh, keren khan :-)

0 comments

Post a Comment